1. Saat pembelajaran,
banyak siswa yang membutuhkan perhatian khusus dari guru karena kurang bisa
mengikuti beberapa materi pelajaran yang diberikan. Cara guru dalam memberikan
tanggapan yang efektif, empati, dan santun agar peserta didik merasa senang,
bergairah, dan berinisiatif adalah ....
a. meminta siswa
memberikan alasan atas jawaban yang diberikan
b. meminta siswa
tertentu untuk menjawab dengan benar.
c. menyamakan pendapat
dari beberapa siswa yang saling mengemukakan argumen untuk mencapai
kesepahaman
d. terus memacu siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan sampai mendapatkan jawaban yang benar.
Jawaban yang Benar:
menyamakan pendapat dari beberapa siswa yang saling mengemukakan argumen untuk
mencapai kesepahaman
2. Pak Imron memberikan
pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat
pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Imron kepada
Asmawi adalah dengan cara Pak Imron mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan
Pak Imron kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi…
a. personal
b. satu arah
c. nonverbal
d. verbal
Jawaban yang Benar: nonverbal
3. Para siswa kelas IV
SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran yang disampaikan
oleh guru.
Pesan yang diterima oleh para
siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur….
a. noise
b. decoding
c. media
d. message
Jawaban yang Benar: media
4. Saat awal
pembelajaran, guru memberikan pertanyaan kepada beberapa peserta didik. Salah
satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon untuk menggali lebih dalam
pemahaman siswa tersebut adalah ....
a. "Kurang tepat.
Siapa yang dapat menjawab dengan benar?"
b. "Coba cermati
ulang pertanyaan ibu guru!"
c. "Kurang tepat,
kamu perlu banyak belajar."
d. "Mengapa kamu
menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!"
Jawaban yang Benar:
"Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!"
5. Ibu Malihah menegur
siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung
siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu
Malihah kepada siswa tersebut merupakan komunikasi…
a. verbal
b. nonverbal
c. massa
d. kelompok
Jawaban yang Benar: nonverbal
6. Ibu Defitianur
menjelaskan materi pelajaran kepada para siswa kelas 6 SD. Ibu Defitrianur
memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memberikan tanggapan terhadap
materi pelajaran yang telah diterima.
Tanggapan yang diberikan para
siswa terhadap materi pelajaran yang telah diterima dalam proses komunikasi
merupakan unsur….
a. encoding
b. decoding
c. receiver
d. response
Jawaban yang Benar: response
Jawaban yang Benar: response
7. Bu Meida mengajar di
kelas V dengan cara berkomunikasi secara langsung kepada para siswanya.
Sehingga terjadi komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan
siswa dengan siswa. Komunikasi yang digunakan bu Meida menggunakan
komunikasi....
a. nonverbal
b. personal
c. verbal
d. satu arah
Jawaban yang Benar: verbal
8. Saat pembelajaran,
guru memberikan pertanyaan yang dijawab beberapa siswa. Salah satu siswa
menjawab salah atau berbeda dengan siswa lainnya. Cara guru dalam memberi
tanggapan yang efektif, empati, dan santun yaitu ....
a. "Coba kamu
pelajari lagi materinya, mengapa jawaban kamu bisa berbeda?"
b. "Coba kita
dengar bersama, mengapa jawaban teman kamu berbeda dengan yang
lain?"
c. "Menurut yang
lain, mana jawaban yang benar?"
d. "Mengapa kamu
menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!
Jawaban yang Benar:
"Coba kita dengar bersama, mengapa jawaban teman kamu berbeda dengan yang
lain?"
9. Saat pembelajaran,
guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui apakah materi
pelajaran dapat diterima dan dipahami. Salah satu siswa menjawab salah. Cara
guru merespon siswa tersebut dengan empati dan santun adalah ....
a. "Siapa yang
dapat menjawab dengan benar?"
b. "Coba kita
dengar jawaban atau pendapat dari teman yang lain!"
c. "Coba kamu
simak saat guru sedang menjelaskan!"
d. "Jawaban kamu
belum benar, coba tanyakan kepada temanmu!"
Jawaban yang Benar:
"Coba kita dengar jawaban atau pendapat dari teman yang lain!"
10. Saat akhir
pembelajaran, guru memberikan pertanyaan secara klasikal untuk
menggali kemampuan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa tersebut dengan
empati dan santun adalah ....
Saat
akhir pembelajaran, guru memberikan pertanyaan secara klasikal
untuk menggali kemampuan siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa
tersebut dengan empati dan santun adalah ....
|
a. "Kurang tepat.
Siapa yang dapat menjawab dengan benar?"
b. "Siapa yang
dapat menjawab dengan benar?"
c. "Mengapa kamu
menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!"
d. "Kurang tepat,
kamu perlu banyak belajar!"
Jawaban yang Benar: "Mengapa
kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!"
11. Guru, pekerja seni,
petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok
a. lingkungan
masyarakat dan budaya
b. lingkungan sosial
c. lingkungan alam
d. narasumber
Jawaban yang Benar:
narasumber
12. Materi yang dimulai
dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan
masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan ....
a. Expanding Thematical
Approach
b. Expanding
Environmental Approach
c. Expanding Community
Approach
d. Expanding Thopical
Approach
Jawaban yang Benar: Expanding
Community Approach
13. Mempelajari IPS di
Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap
masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta
didik, kecuali ....
a. tidak membuang
sampah di sungai
b. menanam pohon di
lingkungan rumah
c. menggunakan air
secukupnya
14. Metode pembelajaran
dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa
yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu
perwujudan kompetensi ....
a. pendidikan karakter
b. intelektual
c. sosial
d. multikultural
Jawaban yang Benar:
multikultural
15. Nilai-nilai
pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... ....
a. memahami
keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya
b. menggali sumber daya
alam yang belum tersentuh
c. memanfaatkan sumber
daya alam semaksimal mungkin
d. menjual sumber daya
alam lain untuk kemakmuran masyarakat
Jawaban yang Benar: memahami
keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya
16. Pada area dan
substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya
merupakan bagian dari ....
a. ruang
b. waktu
c. norma
d. nilai
Jawaban yang Benar: ruang
17. Pengalaman belajar
yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah ....
a. mendengarkan
penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya
b. membaca artikel
tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya
c. melakukan pengamatan
tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya
d. melakukan pengamatan
kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman
suku bangsa
Jawaban yang Benar: melakukan
pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai
keanekaragaman suku bangsa
18. Pengembangan
pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku
dalam masyarakat termasuk dalam aspek ....
a. keterampilan
b. intelektual
c. kehidupan individu
d. kehidupan sosial
Jawaban yang Benar: kehidupan
sosial
19. Salah satu manfaat
mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah....
a. mengambil keuntungan
yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam
b. memahami sumber daya
alam tak terbatas di lingkungannya
c. memanfaatkan sumber
daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu
d. menjaga kelestarian
sumber daya alam yang terbatas
Jawaban yang Benar: menjaga kelestarian
sumber daya alam yang terbatas
20. Tujuan mempelajari
IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu
sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan
mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan
....
a. diri siswa sebagai
pribadi
b. kemampuan
intelektual siswa
c. diri sebagai makhluk
sosial
d. kemampuan dan rasa
tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
Jawaban yang Benar: kemampuan
intelektual siswa
21. Kegiatan penyaluran
barang dari produsen ke konsumen disebut ....
a. konsumsi
b. produksi
c. distribusi
d. kegiatan ekonomi
Jawaban yang Benar:
distribusi
22. Masuknya Islam ke
Indonesia membawa perubahan, diantaranya ....
a. berubahnya sebutan
Raja menjadi Sultan
b. masyarakat meninggalkan
budaya Hindu-Budha
c. masyarakat yang
sebelumnya menganut Hindu-Budha pindah ke Islam
d. masyarakat melakukan
perbandingan antara budaya Hindu-Budha dengan Islam
Jawaban yang Benar:
berubahnya sebutan Raja menjadi Sultan
a. 1, 2, 3, 6, 8
b. 1, 4, 6,
9, 10
c. 1, 3, 7, 8,
9
d. 1, 6, 8,
9, 10
Jawaban yang Benar: 1, 6, 8,
9, 10
24. Pembabakan sejarah
nasional Indonesia merupakan salah satu perwujudan dari konsep waktu dalam ilmu
sejarah, dimana pembabakan disusun berdasarkan ....
a. kesepakatan
sejarawan berdasarkan hirarki keilmuan
b. kebijakan penguasa
berdasarkan masukan daerah
c. kebijakan penguasa
berdasarkan kebutuhan jaman
d. kebijakan lokal
sesuai pembagian wilayah (otonom)
Jawaban yang Benar:
kesepakatan sejarawan berdasarkan hirarki keilmuan
25. Perjuangan
mempertahankan kemerdekaan dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
a. perjuangan
bersenjata
b. perjuangan diplomasi
c. membentuk
organisasi
d. perundingan
Jawaban yang Benar: membentuk
organisasi
26. Pertentangan antara
golongan tua dan golongan muda pada peristiwa Rengasdengklok adalah mengenai
....
a. waktu
proklamasi
b. tempat proklamasi
c. yang membaca teks
proklamasi
d. yang menandatangani
teks proklamasi
Jawaban yang Benar: waktu
proklamasi
27. PT Pos Indonesia
merupakan contoh
a. Perusahaan
perseroan
b. Badan Usaha Swasta
c. Perusahaan Jawatan
d. Perusahaan Umum
Jawaban yang Benar:
Perusahaan perseroan
28. Romusha merupakan
salah satu bentuk kekejaman penjajahan ... di Indonesia.
a. Portugis
b. Belanda
c. Inggris
d. Jepang
Jawaban yang Benar: Jepang
29. Setelah proklamasi
kemerdekaan Indonesia, masih terjadi perjuangan mempertahankan kemerdekaan
disebabkan karena ....
a. Jepang tidak
menyerahkan kemerdekaan secara sukarela
b. ada beberapa
perundingan yang dilanggar kesepakatannya
c. masih terdapat sisa
tentara Jepang yang bertahan
d. Belanda ikut
membonceng tentara sekutu saat melucuti Jepang
Jawaban yang Benar: Belanda
ikut membonceng tentara sekutu saat melucuti Jepang
30. Thailand merupakan
salah satu negara di Asia Tenggara yang mendapat julukan sebagai ....
a. pengekspor minyak
b. lumbung padi
ASEAN
c. negeri seribu Pagoda
d. penghasil
rempah-rempah
Jawaban yang Benar: lumbung
padi ASEAN
31. Pernyataan yang
sesuai untuk konsep modernisasi adalah ....
a. segala perilaku
sosial atau budaya yang sesuai dengan perkembangan jaman
b. proses perubahan
masyarakat dan kebudayaan dari tradisional ke modern
c. modernisasi memiliki
arti yang sama dengan westernisasi
d. segala sesuatu yang
dianggap up to date
Jawaban yang Benar: proses
perubahan masyarakat dan kebudayaan dari tradisional ke modern
32. Perubahan sosial
budaya sangat cepat, maknanya bahwa ....
a. revolusi merupakan
perubahan-perubahan yang terjadi dengan cepat dan menyangkut sendi-sendi dalam
kehidupan masyarakat
b. revolusi merupakan
perbaikan-perbaikan norma yang terjadi dengan cepat dan menyangkut sendi-sendi
dalam kehidupan masyarakat
c. perubahan yang tidak
memberi pengaruh besar pada masyarakat
d. perubahan yang
memberi pengaruh besar pada masyarakat
Jawaban yang Benar: revolusi
merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dengan cepat dan menyangkut
sendi-sendi dalam kehidupan masyarakat
33. Berikut beberapa
alternatif penyelesaian konflik sosial, kecuali ....
a. menghargai perbedaan
kebiasaan/adat
b. ikut berperan aktif
kegiatan keagamaan lain
c. ikut melestarikan
hasil budaya daerah lain
d. keberagaman budaya
bangsa disikapi sebagai suatu kekayaan bangsa
Jawaban yang Benar:
keberagaman budaya bangsa disikapi sebagai suatu kekayaan bangsa
34. Disintegrasi sosial
dapat menimbulkan masalah sosial, karena ....
a. masalah sosial
mengkaji mengenai analisis tentang berbagai macam gejala kehidupan masyarakat
b. ketidaksesuaian
antara unsur-unsur kebudayaan menghambat terpenuhinya keinginan warga kelompok
sosial sehingga menyebabkan kepincangan ikatan sosial
c. disintegrasi sosial
akan menimbulkan masalah pada kelompok-kelompok sosial
d. masalah sosial yang
terjadi dalam masyarakat merupakan penyimpangan perilaku warga dari norma
sosial yang berlaku
Jawaban yang Benar: masalah
sosial yang terjadi dalam masyarakat merupakan penyimpangan perilaku warga dari
norma sosial yang berlaku
35. Globalisasi tidak
harus ditentang karena…..
a. dapat meningkatkan
kemajuan masyarakat
b. bangsa Indonesia
tidak mampu bersaing dengan bangsa lain
c. bagian dari
kehidupan manusia yang saling bergantung sama lainnya
d. tidak selalu berpengaruh
buruk terhadap kehidupan bangsa Indonesia
Jawaban yang Benar: tidak
selalu berpengaruh buruk terhadap kehidupan bangsa Indonesia
36. Perdagangan bebas
sebagai akibat pengaruh globalisasi harus disikapi secara cerdas karena dapat
....
a. merugikan bangsa Indonesia
b. menumbuhkan semangat
kewirausahaan
c. menghambat
pertumbuhan ekonomi nasional
d. mendorong
berkembangnya gaya hidup konsumtif
Jawaban yang Benar: mendorong
berkembangnya gaya hidup konsumtif
37. Kujang, rencong,
badik, merupakan contoh keragaman hasil budaya berupa ....
a. lagu
b. senjata
c. pakaian
d. rumah adat
Jawaban yang Benar: senjata
38. Nilai-nilai
kehidupan di era global yang harus dikembangkan adalah....
a. gaya hidup komsumtif
b. mampu menggunakan HP
c. berpakaian secara
modern
d. peningkatan
kemampuan bersaing
Jawaban yang Benar:
peningkatan kemampuan bersaing
39. Derasnya arus global
bisa membuat orang menjadi individualis. Individualisme berarti mengutamakan
....
a. kekayaan pribadi
b. kemampuan pribadi
c. kepentingan
pribadi
d. kepentingan orang di
atas kepentingan pribadi
Jawaban yang Benar:
kepentingan orang di atas kepentingan pribadi
40. Kemiskinan menjadi
masalah sosial yang rumit pada masyarakat modern karena ....
a. kemiskinan menjadi
suatu masalah sosial karena sikap yang membenci kemiskinan, bukan karena
kekurangan pada kebutuhan primernya
b. pada masyarakat
modern yang rumit, kemiskinan disebabkan kurangnya pada kebutuhan primernya dan
anggapan harta miliknya tidak cukup untuk memenuhi taraf kehidupan yang ada
c. kemiskinan
didasarkan pada anggapan harta miliknya tidak cukup untuk memenuhi taraf
kehidupan yang ada
d. kemiskinan menjadi
suatu masalah sosial karena kekurangan pada kebutuhan primernya dan harta
miliknya tidak cukup untuk memenuhi taraf kehidupan yang ada
Jawaban yang Benar:
kemiskinan didasarkan pada anggapan harta miliknya tidak cukup untuk memenuhi
taraf kehidupan yang ada