Selasa, 03 Oktober 2017

Soal Latihan Modul F Kelas Tinggi

1.      Saat pembelajaran, banyak siswa yang membutuhkan perhatian khusus dari guru karena kurang bisa mengikuti beberapa materi pelajaran yang diberikan. Cara guru dalam memberikan tanggapan yang efektif, empati, dan santun agar peserta didik merasa senang, bergairah, dan berinisiatif adalah ....
a.       meminta siswa memberikan alasan atas jawaban yang diberikan
b.      meminta siswa tertentu untuk menjawab dengan benar.
c.       menyamakan pendapat dari beberapa siswa yang saling mengemukakan argumen untuk mencapai kesepahaman 
d.      terus memacu siswa menjawab pertanyaan yang diberikan sampai mendapatkan jawaban yang benar.
Jawaban yang Benar: menyamakan pendapat dari beberapa siswa yang saling mengemukakan argumen untuk mencapai kesepahaman

2.      Pak Imron memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Imron kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Imron mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Imron kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi…
a.       personal
b.      satu arah
c.       nonverbal 
d.      verbal
Jawaban yang Benar: nonverbal

3.      Para siswa kelas IV SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur….
a.       noise
b.      decoding
c.       media 
d.      message
Jawaban yang Benar: media

4.      Saat awal pembelajaran, guru memberikan pertanyaan kepada beberapa peserta didik. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon untuk menggali lebih dalam pemahaman siswa tersebut adalah ....
a.       "Kurang tepat. Siapa yang dapat menjawab dengan benar?"
b.      "Coba cermati ulang pertanyaan ibu guru!"
c.       "Kurang tepat, kamu perlu banyak belajar."
d.      "Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!" 
Jawaban yang Benar: "Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!"

5.      Ibu Malihah menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Malihah kepada siswa tersebut merupakan komunikasi…
a.       verbal
b.      nonverbal 
c.       massa
d.      kelompok
Jawaban yang Benar: nonverbal

6.      Ibu Defitianur menjelaskan materi pelajaran kepada para siswa kelas 6 SD. Ibu Defitrianur memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memberikan tanggapan terhadap materi pelajaran yang telah diterima.
Tanggapan yang diberikan para siswa terhadap materi pelajaran yang telah diterima dalam proses komunikasi merupakan unsur….
a.       encoding
b.      decoding
c.       receiver
d.      response
Jawaban yang Benar: response

7.      Bu Meida mengajar di kelas V dengan cara berkomunikasi secara langsung kepada para siswanya. Sehingga terjadi komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa. Komunikasi yang digunakan bu Meida menggunakan komunikasi....
a.       nonverbal
b.      personal
c.       verbal 
d.      satu arah
Jawaban yang Benar: verbal

8.      Saat pembelajaran, guru memberikan pertanyaan yang dijawab beberapa siswa. Salah satu siswa menjawab salah atau berbeda dengan siswa lainnya. Cara guru dalam memberi tanggapan yang efektif, empati, dan santun yaitu ....
a.       "Coba kamu pelajari lagi materinya, mengapa jawaban kamu bisa berbeda?"
b.      "Coba kita dengar bersama, mengapa jawaban teman kamu berbeda dengan yang lain?" 
c.       "Menurut yang lain, mana jawaban yang benar?"
d.      "Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!
Jawaban yang Benar: "Coba kita dengar bersama, mengapa jawaban teman kamu berbeda dengan yang lain?"

9.      Saat pembelajaran, guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui apakah materi pelajaran dapat diterima dan dipahami. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa tersebut dengan empati dan santun adalah ....
a.       "Siapa yang dapat menjawab dengan benar?"
b.      "Coba kita dengar jawaban atau pendapat dari teman yang lain!" 
c.       "Coba kamu simak saat guru sedang menjelaskan!"
d.      "Jawaban kamu belum benar, coba tanyakan kepada temanmu!"
Jawaban yang Benar: "Coba kita dengar jawaban atau pendapat dari teman yang lain!"

10.  Saat akhir pembelajaran, guru  memberikan pertanyaan secara klasikal untuk menggali kemampuan siswa menyimpulkan materi  yang telah dipelajari. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa tersebut dengan empati dan santun adalah ....
Saat akhir pembelajaran, guru  memberikan pertanyaan secara klasikal untuk menggali kemampuan siswa menyimpulkan materi  yang telah dipelajari. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa tersebut dengan empati dan santun adalah ....
a.       "Kurang tepat. Siapa yang dapat menjawab dengan benar?"
b.      "Siapa yang dapat menjawab dengan benar?"
c.       "Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!" 
d.      "Kurang tepat, kamu perlu banyak belajar!"
Jawaban yang Benar: "Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!"

11.  Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok
a.       lingkungan masyarakat dan budaya
b.      lingkungan sosial
c.       lingkungan alam
d.      narasumber 
Jawaban yang Benar: narasumber

12.  Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan ....
a.       Expanding Thematical Approach
b.      Expanding Environmental Approach
c.       Expanding Community Approach 
d.      Expanding Thopical Approach
Jawaban yang Benar: Expanding Community Approach

13.  Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali ....
a.       tidak membuang sampah di sungai
b.      menanam pohon di lingkungan rumah
c.       menggunakan air secukupnya 

14.  Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi ....
a.       pendidikan karakter
b.      intelektual
c.       sosial
d.      multikultural 
Jawaban yang Benar: multikultural

15.  Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... ....
a.       memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya 
b.      menggali sumber daya alam yang belum tersentuh
c.       memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin
d.      menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat
Jawaban yang Benar: memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya

16.  Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari ....
a.       ruang 
b.      waktu
c.       norma
d.      nilai
Jawaban yang Benar: ruang

17.  Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah ....
a.       mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya
b.      membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya
c.       melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya
d.      melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 
Jawaban yang Benar: melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa

18.  Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek ....
a.       keterampilan
b.      intelektual 
c.       kehidupan individu
d.      kehidupan sosial
Jawaban yang Benar: kehidupan sosial

19.  Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah....
a.       mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam
b.      memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya
c.       memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu
d.      menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas 
Jawaban yang Benar: menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas

20.  Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan ....
a.       diri siswa sebagai pribadi
b.      kemampuan intelektual siswa 
c.       diri sebagai makhluk sosial
d.      kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
Jawaban yang Benar: kemampuan intelektual siswa

21.  Kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen disebut ....
a.       konsumsi
b.      produksi
c.       distribusi 
d.      kegiatan ekonomi
Jawaban yang Benar: distribusi

22.  Masuknya Islam ke Indonesia membawa perubahan, diantaranya ....
a.       berubahnya sebutan Raja menjadi Sultan
b.      masyarakat meninggalkan budaya Hindu-Budha
c.       masyarakat yang sebelumnya menganut Hindu-Budha pindah ke Islam 
d.      masyarakat melakukan perbandingan antara budaya Hindu-Budha dengan Islam
Jawaban yang Benar: berubahnya sebutan Raja menjadi Sultan



23.  Negara pemrakarsa berdirinya ASEAN adalah ....
a.       1, 2, 3, 6, 8
b.      1, 4, 6, 9, 10 
c.       1, 3, 7, 8, 9
d.      1, 6, 8, 9, 10
Jawaban yang Benar: 1, 6, 8, 9, 10


24.  Pembabakan sejarah nasional Indonesia merupakan salah satu perwujudan dari konsep waktu dalam ilmu sejarah, dimana pembabakan disusun berdasarkan ....
a.       kesepakatan sejarawan berdasarkan hirarki keilmuan
b.      kebijakan penguasa berdasarkan masukan daerah 
c.       kebijakan penguasa berdasarkan kebutuhan jaman
d.      kebijakan lokal sesuai pembagian wilayah (otonom)
Jawaban yang Benar: kesepakatan sejarawan berdasarkan hirarki keilmuan

25.  Perjuangan mempertahankan kemerdekaan dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
a.       perjuangan bersenjata
b.      perjuangan diplomasi
c.       membentuk organisasi 
d.      perundingan
Jawaban yang Benar: membentuk organisasi

26.  Pertentangan antara golongan tua dan golongan muda pada peristiwa Rengasdengklok adalah mengenai ....
a.       waktu proklamasi 
b.      tempat proklamasi
c.       yang membaca teks proklamasi
d.      yang menandatangani teks proklamasi
Jawaban yang Benar: waktu proklamasi

27.  PT Pos Indonesia merupakan contoh
a.       Perusahaan perseroan 
b.      Badan Usaha Swasta
c.       Perusahaan Jawatan
d.      Perusahaan Umum
Jawaban yang Benar: Perusahaan perseroan

28.  Romusha merupakan salah satu bentuk kekejaman penjajahan ... di Indonesia.
a.       Portugis
b.      Belanda
c.       Inggris
d.      Jepang 
Jawaban yang Benar: Jepang

29.  Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, masih terjadi perjuangan mempertahankan kemerdekaan disebabkan karena ....
a.       Jepang tidak menyerahkan kemerdekaan secara sukarela
b.      ada beberapa perundingan yang dilanggar kesepakatannya
c.       masih terdapat sisa tentara Jepang yang bertahan
d.      Belanda ikut membonceng tentara sekutu saat melucuti Jepang 
Jawaban yang Benar: Belanda ikut membonceng tentara sekutu saat melucuti Jepang

30.  Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang mendapat julukan sebagai ....
a.       pengekspor minyak
b.      lumbung padi ASEAN 
c.       negeri seribu Pagoda
d.      penghasil rempah-rempah
Jawaban yang Benar: lumbung padi ASEAN

31.  Pernyataan yang sesuai untuk konsep modernisasi adalah ....
a.       segala perilaku sosial atau budaya yang sesuai dengan perkembangan jaman
b.      proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dari tradisional ke modern 
c.       modernisasi memiliki arti yang sama dengan westernisasi
d.      segala sesuatu yang dianggap up to date
Jawaban yang Benar: proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dari tradisional ke modern

32.  Perubahan sosial budaya sangat cepat, maknanya bahwa ....
a.       revolusi merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dengan cepat dan menyangkut sendi-sendi dalam kehidupan masyarakat
b.      revolusi merupakan perbaikan-perbaikan norma yang terjadi dengan cepat dan menyangkut sendi-sendi dalam kehidupan masyarakat 
c.       perubahan yang tidak memberi pengaruh besar pada masyarakat
d.      perubahan yang memberi pengaruh besar pada masyarakat
Jawaban yang Benar: revolusi merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dengan cepat dan menyangkut sendi-sendi dalam kehidupan masyarakat

33.  Berikut beberapa alternatif penyelesaian konflik sosial, kecuali ....
a.       menghargai perbedaan kebiasaan/adat
b.      ikut berperan aktif kegiatan keagamaan lain 
c.       ikut melestarikan hasil budaya daerah lain
d.      keberagaman budaya bangsa disikapi sebagai suatu kekayaan bangsa
Jawaban yang Benar: keberagaman budaya bangsa disikapi sebagai suatu kekayaan bangsa

34.  Disintegrasi sosial dapat menimbulkan masalah sosial, karena ....
a.       masalah sosial mengkaji mengenai analisis tentang berbagai macam gejala kehidupan masyarakat
b.      ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan menghambat terpenuhinya keinginan warga kelompok sosial sehingga menyebabkan kepincangan ikatan sosial
c.       disintegrasi sosial akan menimbulkan masalah pada kelompok-kelompok sosial
d.      masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat merupakan penyimpangan perilaku warga dari norma sosial yang berlaku 
Jawaban yang Benar: masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat merupakan penyimpangan perilaku warga dari norma sosial yang berlaku

35.  Globalisasi tidak harus ditentang karena…..
a.       dapat meningkatkan kemajuan masyarakat 
b.      bangsa Indonesia tidak mampu bersaing dengan bangsa lain
c.       bagian dari kehidupan manusia yang saling bergantung sama lainnya
d.      tidak selalu berpengaruh buruk terhadap kehidupan bangsa Indonesia
Jawaban yang Benar: tidak selalu berpengaruh buruk terhadap kehidupan bangsa Indonesia

36.  Perdagangan bebas sebagai akibat pengaruh globalisasi harus disikapi secara cerdas karena dapat ....
a.       merugikan bangsa Indonesia 
b.      menumbuhkan semangat kewirausahaan
c.       menghambat pertumbuhan ekonomi nasional
d.      mendorong berkembangnya gaya hidup konsumtif
Jawaban yang Benar: mendorong berkembangnya gaya hidup konsumtif

37.  Kujang, rencong, badik, merupakan contoh keragaman hasil budaya berupa ....
a.       lagu
b.      senjata 
c.       pakaian
d.      rumah adat
Jawaban yang Benar: senjata

38.  Nilai-nilai kehidupan di era global yang harus dikembangkan adalah....
a.       gaya hidup komsumtif
b.      mampu menggunakan HP
c.       berpakaian secara modern
d.      peningkatan kemampuan bersaing 
Jawaban yang Benar: peningkatan kemampuan bersaing

39.  Derasnya arus global bisa membuat orang menjadi individualis. Individualisme berarti mengutamakan ....
a.       kekayaan pribadi
b.      kemampuan pribadi
c.       kepentingan pribadi 
d.      kepentingan orang di atas kepentingan pribadi
Jawaban yang Benar: kepentingan orang di atas kepentingan pribadi

40.  Kemiskinan menjadi masalah sosial yang rumit pada masyarakat modern karena ....
a.       kemiskinan menjadi suatu masalah sosial karena sikap yang membenci kemiskinan, bukan karena kekurangan pada kebutuhan primernya
b.      pada masyarakat modern yang rumit, kemiskinan disebabkan kurangnya pada kebutuhan primernya dan anggapan harta miliknya tidak cukup untuk memenuhi taraf kehidupan yang ada
c.       kemiskinan didasarkan pada anggapan harta miliknya tidak cukup untuk memenuhi taraf kehidupan yang ada
d.      kemiskinan menjadi suatu masalah sosial karena kekurangan pada kebutuhan primernya dan harta miliknya tidak cukup untuk memenuhi taraf kehidupan yang ada 
Jawaban yang Benar: kemiskinan didasarkan pada anggapan harta miliknya tidak cukup untuk memenuhi taraf kehidupan yang ada






Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :